Tips Unik Agar Mau Menulis

Thursday, August 10, 2017

Tips Unik Agar Mau Menulis

Ilustrasi menulis. @Doc. Kompasiana.
Menulis bisa dikatakan sebagai suatu kemampuan seseorang dalam merangkai kata-kata serta bahasa dengan menciptakan suatu kalimat. Pada dunia bahasa, menulis menjadi salah satu bagian yang sangat penting dilakukan setelah kemampuan membaca, berbicara, dan menyimak. Sebab dengan menulis, penulis mampu menceritakan kembali situasi ataupun keadaan yang dilihatnya. Selain itu dengan kemampuan menulis, penulis juga bisa lebih mudah dalam mengingat apa yang sudah terjadi.

Ada beberapa definisi atau pengertian dari menulis yang saya ambil. Pengertian tersebut ada menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online, dan menurut beberapa para ahli.

Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online, menulis berasal dari kata tulis yang berarti ada huruf (angka dan sebagainya) yang dibuat (digurat dan sebagainya) dengan pena (pensil, cat, dan sebagainya) (Sumber: KBBI Online).

Menurut para ahli seperti Djago Tarigan dalam buku yang ditulis Elina Syarif, Zulkarnaini, Sumarno (2009:5) menulis bisa diartikan sebagai mengekpresikan secara tertulis gagasan, ide, pendapat, atau pikiran dan perasaan (Sumber: Dunia Baca Dot Com (Online)).

Definisi menulis menurut Pranoto (2004:9) adalah menuangkan buah pikiran kedalam bentuk tulisan atau menceritakan sesuatu kepada orang lain melalui tulisan. Menulis juga dapat diartikan sebagai ungkapan atau ekspresi perasaan yang dituangkan dalam bentuk tulisan (Sumber: Zha Gadih Minang (Online)).

Berdasarkan tiga definisi di atas, menulis dapat diartikan sebagai suatu susunan huruf atau angka yang dibuat dalam bentuk kalimat berupa ungkapan, pendapat yang dituangkan kedalam tulisan.

Di atas sudah dijelaskan definisi ataupun pengertian dari menulis. Lalu bagaimana cara kita agar mau menulis? Inilah yang menjadi beberapa masalah bagi para penulis terutama penulis pemula. Akan tetapi kawan-kawan jangan panik ataupun bingung untuk mulai menulis dari tulisan yanga akan kawan-kawan tulis.
Kali ini saya akan berbagi beberapa informasi mengenai tips dan cara untuk menjadi penulis ataupun minimalnya mau menulis sebuah artikel atau tulisan. Tips ini berdasarkan pengalaman yang saya alami untuk memulai menulis. Adapun langkah-langkahnya bisa kawan-kawan baca di bawah ini.

Cobalah Tulis Kembali Buku-Buku Bacaan
Membuat suatu tulisan atau artikel memang tidaklah mudah. Kawan-kawan harus memikirkan apa yang harus ditulis dan kata apa yang akan ditulis pertama kali. Mengenai hal tersebut, kawan-kawan bisa memulainya dengan mencoba menulis tulisan yang ada di buku bacaan yang kamu punya ataupun pinjam dari perpustakaan.

Menulis kembali tulisan yang ada di buku adalah sebagai suatu lahan latihan paling dasar bagi penulis pemula untuk mau menulis. Hal ini dikarenakan, tulisan dari buku bacaan yang ada secara tidak langsung telah memacu kawan-kawan untuk membaca, mengingat, dan mengikuti rangkaian kata-kata yang ada di dalam buku. Selain itu, menulis kembali buku bacaan akan melatih jari-jari tangan kawan-kawan untuk mau menulis.   

Latihan menulis melalui cara ini bisa dilakukan dengan sehari minimal satu sampai sepuluh halaman buku. Apabila kawan-kawan sudah mulai terbiasa, cobalah untuk meningkatkan halaman tulisan perharinya. Jika jari-jari dan pikiran kawan-kawan sudah biasa untuk menulis maka coba tingkatkan dengan melakukan resume (membuat ringkasan) dari bagaian atau bab yang ada pada buku. Semakin sering kamu lakukan latihan menulis seperti ini, maka kamu mulai terbiasa dan bahkan semakin menambah keinginan untuk menulis.

Tulislah Apa Yang Anda Pikirkan
Permasalahan bagi para penulis pemula untuk mau menulis biasanya adalah apa yang mau ditulis oleh penulis. Sebenarnya sih itu bukan suatau permasalahan yang serius. Ketika kawan-kawan sudah mulai mau menulis, tulislah apa yang kamu pikirkan. Tulis semua dahulu sampai selesai menurut kawan-kawan. 

Sebagai pemula, kamu bisa menulis tulisan berupa puisi, cerpen, ataupun kisah maupun diari serta perjalanan hidupmu. Kalau kawan-kawan bisa menulis artikel esai atau opini itu malahan lebih bagus lagi.

Tulisan yang sudah kawan-kawan tulis kemudian coba dibaca kembali untuk memperbaiki setiap kata yang salah sekaligus merangkai kalimat mana yang tepat. Kotak-katiklah tulisan yang kamu punya sesuai keinginan kamu. Kemudian tulisan yang sudah kamu kotak-katik coba untuk dibaca kembali untuk lebih memastikan hasilnya.

Kedua tips di atas berdasarkan pengalaman dari saya yang mungkin bisa bermanfaat bagi kawan-kawan. Semoga dengan tips sederhana ini bisa menambah kemauan kawan-kawan yang memiliki keinginan untuk menjadi penulis atau memulai untuk menulis.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments