Penerapan Kebijakan Politik Etis Di Indonesia

Thursday, March 09, 2017

Penerapan Kebijakan Politik Etis Di Indonesia

Gambar Ilustrasi Politik Etis di Indonesia (Doc. Mhd. Saifullah)
Golongan liberal dan sosial demokrat yang ada di Belanda menginginkan adanya suatu kebijakan baru yang dibuat oleh Pemerintah Belanda untuk daerah jajahannya. Mereka berharap adanya keadilan bagi masyarakat Hindia Belanda (nama Indonesia sebelum merdeka) yang dianggap telah banyak membantu dan meningkatkan defisa serta kemakmuran negara Belanda. Kebijakan itu kemudian diperjuangkan oleh para kaum liberal dan sosial demokrat di pemerintahan yang ada di Belanda

Dingkatnya Ratu Wilhelmina I sebagai ratu baru di Negeri Belanda, pada tahun 1898 menjadi titik awal lahirnya kebijakan Politik Etis. Ratu Wilhelmina I mengungkapkan bahwa Pemerintah Belanda dianggap telah berhutang moril kepada daerah jajahan mereka yang telah banyak membantu. Pemerintah kemudian membentuk tim penelitian untuk meneliti keadaan daerah Hindia Belanda dan akan segera melakukan kebijakan politik mengenai kesejahteraan di daerah tersebut. Kebijakan itu kemudian dikenal dengan istilah Politik Etis.

Bedasarkan penjelasan latar belakang di atas, maka timbul beberapa pertanyaan sebagai masalah terkait dengan Politik Etis. Permasalah-permasalah tersebut adalah sebagai berikut:
a. Apa yang dimaksud dengan kebijakan Politik Etis?
b. Bagaimana penerapan kebijakan Politik Etis di Hindia Belanda?

Artikel Terkait:
    Politik Etis yang merupakan politik balas jasa atau Hutang Kehormatan yang diterapkan oleh Pemerintah Belanda di daerah jajahannya ternyata menimbulkan berbagai dampak. Bagi Bangsa Indonesia, penerapan kebijakan Politik Etis terutama program pada bidang pendidikan ternyata membawa kemajuan dan bagaikan abad pencerahan. Sebaliknya, bagi politik Pemerintah Belanda kebijakan tersebut bagaikan bumerang yang menghantam pemerintah dari lahirnya para golongan terpelajar dari pribumi. Hal itu dapat dilihat dalam dinamika dan dari perkembangan sekolah yang semakin banyak bidang dan jumlah tiap tahunnya.

    Daftar Sumber:
    Kartodirdjo, Sartono. 1990. Sejarah Pergerakan Indonesia Baru: Sejarah Pergerakan Nasional dari Kolonialisme Sampai Nasionalisme. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
    Nurdayat. 2008. Politik Etis dan Kondisi Umum Indonesia Pada Awal Abad Ke-20. (Online) (diakses 7 Maret 2017).
    Poesponegoro, Marwati Djoened & Notosusanto, Nugroho. 1994. Sejarah Nasional Indonesia Jilid V. Jakarta: Balai Pustaka.
    ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
    Oleh: Tommy Hidayat
    Editor: Mhd. Saifullah

    Artikel Terkait

    Previous
    Next Post »
    Comments
    0 Comments