Menulis Daftar Pustaka Pada Makalah

Menulis Daftar Pustaka Pada Makalah

Setelah sebelumnya saya memberikan tips Langkah-Langkah Membuat Makalah, Cara Membuat Cover/Sampul Makalah, Menulis Kata Pengantar Makalah Sederhana, Menulis Bab I Pendahuluan Pada Makalah, Menulis Bab II Pembahasan atau Isi Pada Makalah, Menulis Bab III Penutup Pada Makalah. Kali ini saya akan memberi tips atau cara Menulis Daftar Pustaka Pada Makalah.

Daftar pustaka biasanya dikenal sebagai sumber acuan, sumber rujukan, referensi, dan bibliografi. Di daftar pustaka ini terkumpul segala sumber bahan bacaan yang digunakan dalam penyusunan makalah yang telah sahabat buat. Misalnya kita mengutip beberapa kalimat atau paragraf dari sumber bacaan lain ke dalam makalah yang kita tulis, namun sahabat tidak boleh lupa mencantumkan sumbernya. Sumber yang menjadi bahan bacaan ada bermacam-macam, seperti; surat kabar, jurnal buletin, majalah, terbitan berkala, ensiklopedia, hasil riset, dan lain-lain. Sudah pasti semua sumber bacaan itu berkaitan erat dengan makalah yang sahabat tulis. Dalam makalah, daftar pustaka harus sahabat letakkan setelah isi karangan dan ditulis pada halaman tersendiri. Lebih jelasnya, daftar pustaka ditulis setelah Bab III Penutup yang ada pada makalah.

Di bawah ini ada beberapa contoh cara penulisan daftar pustaka secara sederhana yang bisa sahabat gunakan sebagai rujukan dalam menulis daftar pustaka pada makalah sahabat.

Contoh:
Cara penulisan daftar pustaka berdasarkan sumber acuan berupa buku.
Sjamsuddin, Helius. 2007. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Cara penulisan daftar pustaka berdasarkan sumber acuan berupa website atau internet.
Rri.co.id. Profil, (Online), (http://www.rri.co.id/profil.html., diakses 4 April 2016).

Cara penulisan daftar pustaka berdasarkan sumber acuan berupa.jurnal
Syam, M., Hamdani. 2015. Sistem Penyiaran di Aceh dari Era Kolonial Belanda Hingga Orde Baru: Satu Perspektif Sejarah. Banda Aceh: Al-Bayan.

Cara penulisan daftar pustaka berdasarkan sumber acuan berupa artikel UU atau Kepres.
Republik Indonesia. 2002. Undang-Undang Penyiaran Republik Indonesia. Jakarta: Sekretaris Negara.

Cara penulisan daftar pustaka berdasarkan sumber acuan berupa surat kabar.
Agam. 11 Januari, 2000. Sejarah Kerajaan Aceh. Serambi Indonesia, hlm 8 & 9.

Sekian artikel mengenai Menulis Daftar Pustaka Pada Makalah dari saya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat pelajar semua yang sedang menempuh pendidikan. Semoga juga dengan tips di atas, sahabat semua mendapatkan nilai yang bagus dalam penyusunan makalah.

Artikel Terkait:
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments