Dampak Politik Etis Dalam Bidang Pendidikan

Dampak Politik Etis Dalam Bidang Pendidikan

Gambar Ilustrasi Politik Etis di Indonesia (Doc. Mhd. Saifullah)
Politik Etis yang dijalankan Pemerintah Belanda dan dikonsepkan oleh Van Derventer yang diwujudkan dalam bentuk program seperti irigrasi, edukasi, dan emigrasi sebelumnya telah dipaparkan dampaknya para perubahan pola pikir masyarakat pribumi. Salah satu dampak dari adanya Politik Etis terlihat pada program di bidang pendidikan. 

Tujuan Pemerintah Belanda pada program tersebut sebenarnya untuk membentuk masyarakat pribumi sebagai pegawai pemerintahan rendah dengan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap pemerintah. Akan tetapi, pembangunan pendidikan yang dilakukan oleh Pemerintah Belanda di bawah Van Derventer yang diawali dengan pembentukan sekolah-sekolah untuk masyarakat pribumi, ternyata menjadi bumerang bagi pemerintahan sendiri.

Pendidikan memberikan masyarakat pribumi tentang tradisi yang paling baik dari barat. Bagi yang bersekolah di sekolah yang didirikan pemerintah, diharapkan berpengaruh luas dan menjadi tokoh penting dalam masyarakat Indonesia. Meskipun Pemerintah Belanda tetap membatasi sekolah-sekolah yang telah didirikan. Batasannya berupa pemberian kesempatan sekolah kepada masyarakat elit pribumi. Meskipun sebelumnya, pada masa Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) dan sebelum Politik Etis dibentuk, sistem pendidikan sudah dikenal di Indonesia namun dibawah kendali pemerintah.

Artikel Terkait:
    Politik Etis yang merupakan politik balas jasa atau Hutang Kehormatan yang diterapkan oleh Pemerintah Belanda di daerah jajahannya ternyata menimbulkan berbagai dampak. Bagi Bangsa Indonesia, penerapan kebijakan Politik Etis terutama program pada bidang pendidikan ternyata membawa kemajuan dan bagaikan abad pencerahan. Sebaliknya, bagi politik Pemerintah Belanda kebijakan tersebut bagaikan bumerang yang menghantam pemerintah dari lahirnya para golongan terpelajar dari pribumi. Hal itu dapat dilihat dalam dinamika dan dari perkembangan sekolah yang semakin banyak bidang dan jumlah tiap tahunnya.

    Daftar Sumber:
    Kartodirdjo, Sartono. 1990. Sejarah Pergerakan Indonesia Baru: Sejarah Pergerakan Nasional dari Kolonialisme Sampai Nasionalisme. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
    Nurdayat. 2008. Politik Etis dan Kondisi Umum Indonesia Pada Awal Abad Ke-20. (Online) (diakses 7 Maret 2017).
    Poesponegoro, Marwati Djoened & Notosusanto, Nugroho. 1994. Sejarah Nasional Indonesia Jilid V. Jakarta: Balai Pustaka.
    ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
    Oleh: Tommy Hidayat
    Editor: Mhd. Saifullah
    Previous
    Next Post »
    Comments
    0 Comments