Menulis Bab II Pembahasan atau Isi Pada Makalah

05:50:00

Menulis Bab II Pembahasan atau Isi Pada Makalah

Setelah sebelumnya saya memberikan tips Langkah-Langkah Membuat Makalah, Cara Membuat Cover/Sampul Makalah, Menulis Kata Pengantar Makalah Sederhana, dan Menulis Bab I Pendahuluan Pada Makalah. Kali ini saya akan memberi tips atau cara Menulis Bab II Pembahasan atau Isi Pada Makalah. 

Penulisan Bab II Pembahasan atau Isi merupakan inti dalam penulisan ataupun pembuatan makalah. Jika sebelumnya pada Bab I Pendahuluan sahabat telah membahas latar belakang yang menjadi permasalahan dari apa yang sahabat teliti. Pada bab ini, sahabat akan menjelaskan pembahasan atau isi dari tugas makalah yang sahabat buat. 

Pada Bab II Pembahasan atau Isi terdiri dari beberapa bagian yang harus ditulis, bergantung apa yang menjadi judul tugas ataupun bahan penelitian sahabat. Misalnya, pada makalah Sejarah Aceh I dengan judul makalah Kerajaan Aceh Darussalam. Kerangka penulisanya dimulai dari latar belakang berdiri, perkembangan atau kejayaan, dan keruntuhan. Di bawah ini akan dijelaskan sedikit mengenai bagian-bagain dari pada Bab II Pembahasan atau Isi.

Latar Belakang
Penulisan latar belakang pada Bab II Pembahasan atau Isi  berbeda dengan yang sebelumnya pada Bab I Pendahuluan pada Bab I Pendahuluan sahabat menulis mengenai latar belakang masalah yang menjadi alasan sahabat mengambil judul makalah, maka pada Bab II Pembahasan atau Isi latar, belakangnya mengenai pembahasan inti dari judul yang sahabat buat.

Sebelumnya saya mengatakan akan mengambil contoh mengenai Sejarah Aceh I dengan judul Kerajaan Aceh Darussalam. Pembahasan yang sahabat buat adalah latar belakang berdiri, siapa tokoh-tokoh penggagas, kapan, dan apa penyebab sehingga kerajaan tersebut bisa berdiri. Latar belakang beridiri diperlukan karena akan memperkuat dari judul yang telah sahabat pilih. Setelah sahabat membuat latar belakang berdinya, pastinya sahabat akan lebih mudah untuk menjelaskan bagian berikutnya, yaitu mengenai perkembangan kerajaannya.

Perkembangan/Masa Kejayaan
Pada Bab II Pembahasan atau Isi setelah sahabat menulis mengenai latar belakang berdiri, siapa tokoh-tokoh penggagas, kapan, dan apa penyebabnya. Langkah selanjutnya membahas mengenai perkembangan atau kejayaan dari kerajaan. Pada bagian perkembangan sahabat bisa memandang beberapa faktor pendukungnya, misalnya faktor ekonomi dengan adanya hubungan kerja sama, faktor sosial dan ilmu karena masyarakatnya yang sudah lebih maju, serta faktor-faktor lainnya yang sahabat ketahui dan berhubungan dengan judul makalah yang sahabat pilih. Selain itu, pada bagian perkembangan sahabat juga bisa menulis daerah-daerah kekuasaannya atau pengaruhnya terhadap daerah lain.

Keruntuhan/Kemunduran
Penulisan selanjutnya setelah sahabart menulis latar belakang berdiri dan perkembangan atau masa kejayaan pada Bab II Pembahasan atau Isi adalah keruntuhan atau kemunduran. Pada bagian keruntuhan atau kemunduran, sahabat membahas mengenai faktor apa saja penyebab keruntuhan. Apa penyebab keruntuhan atau kemunduran, apakah ada faktor luar atau dari dalam kerajaan sendiri. Sahabat bisa menulisnya sesuai dengan pengetahuan dan beberapa rujukan lainnya sesuai dengan judul makalah yang sahabat pilih.

Sekian artikel mengenai Menulis Bab II Pembahasan atau Isi Pada Makalah dari saya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat pelajar semua yang sedang menempuh pendidikan. Semoga juga dengan tips di atas, sahabat semua mendapatkan nilai yang bagus dalam penyusunan makalah.

Artikel Terkait:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments