Menulis Bab I Pendahuluan Pada Makalah

Menulis Bab I Pendahuluan Pada Makalah

Gambar Ilustrasi Bab I Pendahuluan (Doc.Slide Player)
Setelah sebelumnya saya memberikan tips Langkah-Langkah Membuat Makalah, Cara Membuat Cover/Sampul Makalah, dan Menulis Kata Pengantar Makalah Sederhana. Kali ini saya akan memberi tips atau cara Menulis Bab I Pendahuluan Pada Makalah. 

Penulisan Bab I Pendahuluan pada makalah merupakan suatu hal yang sangat penting dalam penulisan ataupun pembuatan makalah. Karena pada Bab I Pendahuluan akan mengantarkan kita kepada permasalah apa yang akan kita bahas yang selanjutnya isi makalah dibahas pada Bab II Isi atau Pembahasan. 

Pada Bab I Pendahuluan terdiri dari beberapa bagian yang harus ditulis, misalnya Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, dan Tujuan Penulisan Makalah. Di bawah ini akan dijelaskan sedikit mengenai bagian-bagain dari pada Bab I Pendahuluan.

Latar Belakang Masalah
Latar belakang masalah merupakan pembahasan mengenai masalah apa yang menyebabkan judul dari makalah yang kita buat itu kita gunakan. Pada latar belakang masalah ini sahabat harus memaparkan sedikit mengenai letar belakang keadaan dari sample ataupun dari judul yang sahabat ambil. Sehingga dari itu sahabat dapat memberitahu kepada pembaca makalah ataupun audien (pendengar) yang melihat maupun mendengar dari pembahasan makalah sahabat selanjutnya nanti.

Rumusan Masalah
Rumusan masalah merupakan bagian yang menjadi permasalah yang akan sahabat teliti. Jika sebelumnya sahabat telah membuat latar belakang yang menyebabkan masalah, kali ini sahabat akan mencari apa yang menjadi permasalahan dari apa yang akan sahabat teliti berdasarkan judul makalah. Rumusan masalah ini tidak boleh lari dari topik maupun judul makalah yang telah sahabat buat. Sehingga rumusan masalah menentukan araha dan bagaimana serta apa yang menjadi pembahasan makalah sahabat.

Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah merupakan pemaparan dari pada tujuan sahabat menulis dan mengambil judul makalah. Pada tujuan penulisan makalah bisa sahabat buat sesuai dengan keinginan sahabat. Akan tetapi lebih baiknya tujuan penulisan makalah dibuat sedikit ilmiah. Misalnya sahabat saya bisa membuatnya seperti pada tulisan di bawah ini:

Makalah ini disusun dengan tujuan: 
  • Memahami Bagaimana konsep dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
  • Memahami proses Pembangunan Nasional di Indonesia selama ini dan hasil dari pembangunan nasional itu sendiri. 
  • Menumbuhkan rasa nasionalisme yang kini sudah hilang dari hati warga Indonesia.
  • Sebagai tugas individu yang wajib diselesaikan dalam mata kuliah Kewiraan.
Di atas merupakan penulisan tujuan makalah secara sederhana namaun terkesan ilmiah. Ingat tujuan tersebut bisa sahabat sesuaikan dengan keinginan ataupun judul makalah yang sahabat kerjakan. 

Sekian artikel mengenai Menulis Bab I Pendahuluan Pada Makalah dari saya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat pelajar semua yang sedang menempuh pendidikan. Semoga juga dengan tips di atas, sahabat semua mendapatkan nilai yang bagus dalam penyusunan makalah.

Artikel Terkait:
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments