Bagian Meletakkan Table of Contents (TOC)

Bagian Meletakkan Table of Contents (TOC)

Halo sahabat semua, jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai langkah-langkah untuk Tutorial Membuat Table of Contents (TOC) dan juga menjalankan langkah yang pertama yaitu Bagian Pengaturan Styles Table of Contents (TOC). Pada artikel kali ini saya akan membagikan tips selanjutnya yang masih berhubungan dengan artikel sebelumnya, yaitu mengenai Bagian Meletakkan Table of Contents (TOC). Di artikel ini nantinya sahabat bisa pelajari dan semoga dapat dipergunakan dalam mengedit tulisan serta lebih mudah untuk membuat Daftar Isi dalam pembuatan karya tulis ilmiah berupa skripsi, tesisi, makalah, dan lain sebagainya yang berhubungan. 

Langkah-langkah pada artikel yang mengenai Bagian Meletakkan Table of Contents (TOC) ini, saya menggunakan aplikasi Microsoft Word 2010. Kalau begitu tanpa memperpanjang tulisan lagi, mari sahabat semua baca langkah-langkah yang harus sahabat lakukan. Berikut ini ada langkah-langkah yang harus sahabat lakukan dalam Tutorial Membuat Table of Contents (TOC) yang saya bagikan ke dalam dua bagian agar lebih mudah untuk dipahami sahabt semua, yaitu Bagian Pengaturan Styles Table of Contents (TOC) dan Bagian Meletakkan Table of Contents (TOC).
Sahabat pastinya sudah mempelajari langkah sebelumnya tentang agian Pengaturan Styles Table of Contents (TOC). Apabila sudah dilakukan, maka tampilan di samping kiri sahabat akan tampak seperti gambar Map Navigation di bawah ini 
Gambar Contoh Map Navigation (Doc. Muhammad Saifullah)
(Untuk dapat menampilkan mapnya, klik Menu Bar View lalu conteng atau pilih Navigator Pane).

  • Bukti sahabat telah melakukan langkah-langkah dengan benar adalah apabila sahabat klik setiap judul yang tertera di map Navigation maka sahabat akan langsung diantar ke halaman yang dituju.
  • Apabila sudah terbukti kita lanjut ke langkah berikutnya dengan memanggil Table of Contents (TOC) ke Daftar Isi, namun sahabat harus terlebih dahulu mengunjungi halaman Daftar Isi yang sudah ada.
  • Lihat tulisan References yang ada di Menu Bar bagian atas, klik lalu pilih Menu Bar Table of Contents yang berada di pojok kiri.
  • Pilih Insert Table of Contents  dan tunggu sampai ada tampilan seperti gambar di bawah ini.
Gambar Contoh Insert Table of Contents (TOC) (Doc. Muhammad Saifullah)
  • Lakukan pengeditan dari Table of Contents, yaitu dengan melakukan beberapa hal yang perlu diubah.
  • Pada bagian Web Previem, hapus contengan use hyperlink yang ada agar tulisan tidak berbentuk link.
  • Di Bagian General, bentuk Formats dapat disesuaikan dengan keinginan sahabat.
  • Show Level juga dapat disesuaikan (bisa 2, 3, dan seterusnya), karena itu untuk menampilkan semua heading yang telah kita buat.
  • Klik Modify untuk merapikan tampilan tulisan Table of Contents (TOC). Setelah diklik maka akan ada tampilan Style seperti gambar di bawah ini.
Gambar Contoh Modify Table of Contents (TOC) (Doc. Muhammad Saifullah)
  • Pilih TOC 1 apabila sahabat ingin merubaha tampilan tulisan untuk Heading 1 saat di Daftar Isi nanti.
  • Pilih TOC 2 dan TOC 3 apabila sahabat ingin merubaha tampilan tulisan untuk Heading 2 dan Heading 3 saat di Daftar Isi nanti. Saran saya TOC 2 dan TOC 3 tampilannya di Modify saja, dengan menjadikan tulisan tidak menggunakan Bold (B) agar dapat membedakan mana bab dan mana sub bab serta bagian sub bab seaktu ditampilan di Daftar Isi nanti.
  • Klik Ok untuk menutup serta menyimpan tulisan yang sudah kita edit dan hasil yang kita buat akan tampil di Daftar Isi seperti gambar di bawah ini.
  • Warna hitam yang menjadi background pada tulisan dan telah saya tandai berwarna merah seperti gambar di atas merupakan bukti bahwa membuat Daftar Isi dengan menggunakan Table of Contents yang sahabat buat telah berhasil.
  • Selesai.
Gambar Contoh Daftar Isi dengan Table of Contents (TOC) (Doc. Muhammad Saifullah)
Bagaimana mudahkan mempelajari Tutorial Membuat Table of Contents (TOC)? Sahabat dapat mencoba-cobanya kembali sendiri apabila ingin semakin mahir sambil iseng-iseng malakukan eksperimen kecil-kecilan.

Sekian artikel mengenai Tutorial Membuat Table of Contents (TOC) dengan langkah Bagian Meletakkan Table of Contents (TOC). Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat semua yang sedang belajar atau iseng-iseng bermain Microsoft Word. Kalau begitu sampai jumpa pada artikel tips berupa tutorial berikutnya dari saya. Salam.
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments