Cara Membuat Cover/Sampul Makalah

14:05:00

Cara Membuat Cover/Sampul Makalah

Cover/sampul Makalah merupakan suatu langkah atau cara terpenting yang harus dibuat dalam penulisan makalah. Sebab cover/sampul makalah bisa dikatakan cerminan dari apa yang ada dalam isi makalah. Bila tampilan cover/sampul makalah terlihat berantakan, maka orang bisa menilai bagaimana kita membuat makalah. Bila cover/sampul terlihat terlalu ramai ataupun berlebihan dengan asesoris, maka orang yang melihatnya bisa jenuh bahkan terkadang tidak segan-segan pengajar (guru ataupun dosen) kita malah melihatnya. Namun bila sahabat memiliki cover/sampul makalah yang simple dan rapi pastinya orang yang melihat akan merasa penasaran dengan isi makalah. Itu merupakan satu poin yang sangat penting.

Kali ini saya akan membagikan tips Cara Membuat Cover/Sampul Makalah. Ada baiknya tips ini bisa sahabat pakai atau coba dalam menulis makalah.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam membuat cover/sampul makalah adalah sebagai berikut:

1. Judul Makalah
Buatlah judul makalah sesuai dengan tugas yang diberikan kepada sahabat semua. Penulisan judul makalah alangkah baiknya menggunakan font Times New Roman dengan ukuran 14 dan di Bold atau dibuat tebal.

Posisi judul letakkan di tengah (center) dan paling atas dari lembaran. Usahakan judul makalah jangan berbentuk piramida, sebaiknya dibuat secara piramida terbalik. Sahabat bisa lihat pada contoh yang ada.

2. Makalah
Buatlah tulisan makalah apabila tugas tersebut merupakan sebuah makalah. Tulisan itu dapat disesuaikan dengan tugas yang diberikan dengan sahabat semua. Bila sahabat tidak ingin menggunakannya juga bisa. Akan tetapi lebih baik dibuat agar lebih jelas.

Penulisan kata “Makalah” sebaiknya menggunakan font Times New Roman dengan ukuran 12 dan tidak di Bold atau dibuat tebal. Posisi tulisan letakkan di tengah (center). Sahabat bisa lihat pada contoh yang ada.

3. Tujuan Pembuatan Makalah
Buatlah tujuan makalah dengan menggunakan font Times New Roman dengan ukuran 12 dan tidak di Bold atau dibuat tebal. Huruf pertama atau awal kalimat tidak menggunakan huruf besar namun. Selain itu pada nama matakuliah ditulis dengan awalan huruf besar. Contoh tulisan misalnya “diajukan untuk melengkapi tugas–tugas dan memenuhi syarat-syarat matakuliah Sejarah Aceh I”.

Penulisan tujuan pembuatan makalah bisa sahabat sesuaikan dengan tugas yang diberikan oleh sahabat. Posisi tujuan pembuatan makalah diletakkan di tengah  (center). Usahakan tujuan pembuatan makalah jangan berbentuk piramida, sebaiknya dibuat secara piramida terbalik. Sahabat bisa lihat pada contoh yang ada.

4. Nama Penulis/Kelompok dan NIS/NIM
Nama penulis/kelompok makalah dan NIS (Nomor Induk Siswa) atau NIM (Nomor Induk Mahasiswa) menggunakan font Times New Roman dengan ukuran 12 dan tidak di Bold atau dibuat tebal. Penulisan nama penulis atau kelompok makalah dan NIS atau NIM diletakkan setelah tulisan “oleh”.

Penulisan nama penulis atau kelompok diawalai dengan huruf besar setiap awal kata, misalnya, Muhammad Saifullah atau Kelompok T. Umar. Bila makalah dibuat secara berkelompok maka penulisan nama kelompok di atas nama anggota kelompok.

Penulisan NIS (Nomor Induk Siswa) atau NIM (Nomor Induk Mahasiswa) setelah penulisan nama penulis atau kelompok. Akan tetapi lebih baiknya bila personal (Sendiri) penulisan NIS/NIM diletakkan di bawah nama. Sedangkan bila makalah dibuat secara kelompok penulisan NIS/NIM bisa sejajar dengan nama anggota kelompok.

Penulisan nama penulis atau kelompok makalah dan NIS atau NIM diletakkan di tengah  (center). Sahabat bisa lihat pada contoh yang ada.

5. Lambang Institusi/Lembaga
Lambang institusi/ lembaga diletakkan di tengah setelah nama penulis atau kelompok makalah dan NIS atau NIM. Lambang institusi bisa sahabat sesuaikan dengan lambang institusi/ lembaga tempat sahabat menempuh pendidikan. Bila sahabat sedang mengikuti lomba maka lambangnya bisa disesuaikan dengan lambang institusi/ lembaga terkait. Sahabat bisa lihat pada contoh yang ada.

Gambar Contoh Cover/Sampul Makalah (Doc. Mhd. Saifullah)
6. Nama Institusi/ Lembaga, Kota/Daerah Institusi, dan Tahun
Penulisan nama institusi/ lembaga, kota/daerah institusi, dan tahun diletakkan setelah lambang institusi/ lembaga. Penulisan nama institusi/ lembaga, kota/daerah institusi, dan tahun sebaiknya menggunakan font Times New Roman dengan ukuran 14 dan di Bold atau dibuat tebal. Penulisan nama institusi/ lembaga, kota/daerah institusi, dan tahun diutamakan menggunakan huruf besar semua.

Letak tulisan penulisan nama institusi/ lembaga, kota/daerah institusi, dan tahun berada di tengah (center). Usahakan berbentuk piramida terbalik, namun dapat disesuaikan dengan nama institusi/ lembaga tempat sahabat menempuh pendidikan atau institusi/ lembaga terkait. Sahabat bisa lihat pada contoh yang ada.

Sekian artikel mengenai Cara Membuat Cover/Sampul Makalah dari saya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat pelajar semua yang sedang menempuh pendidikan. Semoga juga dengan tips di atas, sahabat semua mendapatkan nilai yang bagus dalam penyusunan makalah.

Artikel Terkait:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments