Gitar

15:34:00

Gitar

Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik. Pada umumnya setiap pemain menggunakan jari atau juga plektrum. Hampir semua orang di dunia ini mengenal gitar dan pernah melihat bentuknya secara langsung. Terutama bagi para pemain atau pegiat musik, pasti mengetahui salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik ini. Namun begitu banyaknya pemain musik terutama dibagian gitar, hanya sedikit yang mengetahui asal usul ataupun sejarah dari gitar. Berikut ini akan dijelaskan sekilas sejarah gitar dari masa ke masa.

Sejarah Gitar
Gitar berasal dari bahasa Inggris, yaitu guitar. Sebutan yang berawal dari nama citar atau shetar, sebuah alat musik petik dari Bangsa Persia pada 1500 SM. Lalu citar atau shetar ini berkembang dengan berbagai model yang dikenal dengan tambur atau gitar kuno Persia. Dan sejak tahun 300 SM, Tambur dikembangkan oleh Bangsa Yunani, lalu enam abad kemudian dikembangkan lagi oleh Bangsa Romawi dan alat musik ini dibawa ke Spanyol pada tahun 476 M. Di Spanyol alat musik ini bertansformasi menjadi guitarra morisca (pembawa melodi) dan guitarra latina (memainkan akor).

Tiga abad setelah ditemukannya guitarra morisca dan guitarra latina, bangsa Arab datang ke Spanyol dengan membawa alat musik bernama al ud yang berbentuk semacam gitar gambus. Setelah hadirnya beberapa alat musik petik di Spanyol, bangsa ini kemudian berupaya membuat alat musik sendiri. Dari usaha tersebut melahirkan alat musik yang disebut vihuela, yaitu gabungan konstruksi antara kedua alat musik yang pernah ada sebelumnya. Sejak saat itu, vihuela menjadi alat musik petik populer di Spanyol dan membuat alat musik sebelumnya lambat laun semakin ditinggalkan. Setelah beberapa abad kemudian, vihuela semakin berkembang di Spanyol menjadi berbagai macam alat musik petik hingga akhirnya menjadi gitar klasik seperti yang banyak dipergunakan saat ini. Dari masa itu hingga tahun 1650 M, gitar terus mengalami evolusi yang begitu rumit dan beraneka ragam. Begitu banyak jenis dan masing-masing memiliki nama yang berbeda.

Jenis-Jenis Gitar
Secara umum gitar terbagi dalam dua jenis, yaitu akustik dan elektrik. Berikut akan dijelaskan sedikit mengenai dua jenis gitar tersebut.

  • Gitar Akustik
Gitar akustik merupakan alat musik petik yang berbahan kayu dengan menggunakan jenis senar sesuai penggunaannya. Gitar akustik ini telah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Dengan ciri-ciri bentuk memiliki lubang dibagian badannya (hole body). Selain itu, gitar akustik memiliki tiga jenis utama dalam penggunaan senar, yaitu gitar akustik senar nilon, gitar akustik senar baja, dan gitar akustik senar archtop.

Pada jenis gitar ini, suara dihasilkan berasal dari getaran senar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat senar. Getaran ini nantinya akan masuk kedalam ruang suara lalu beresonasi terhadap kayu badan gitar. Oleh karena itu, jenis serta kualitas kayu sangat mempengaruhi suara yang dihasilkan pada gitar ini.

  • Gitar Elektrik

Gitar Elektrik merupakan alat musik petik yang memerulukan energi listrik untuk membantu menbunyikan suaranya. Bergantung pada penguat yang secara elektronik mampu memanipulasi bunyi gitar(amplifier).

Gitar ini diperkirakan mulai diperkenalkan pada tahun 1930an. Pada mulanya penggunaan gitar elektrik tidak jauh berbeda dengan gitar akustik yang ada, yaitu menggunakan badan berlubang (hole body). Namun seiring perkembangan, gitar ini dirasa lebih sesuai menggunakan badan padat (solid body) dirasa lebih sesuai. 

Gitar elektrik terkenal luas sebagai instrumen utama pada berbagai genre musik seperti blues, country, reggae, jazz, metal, rock, dan berbagai bentuk musik pop. Inilah yang membedakan jenis gitar elektik ini dengan gitar akustik biasa.

Keaslian sebuah gitar tidak dapat dilihat dari keantikkannya. Oleh karena itu, hinga sampai saat ini beberapa ahli masih mendebatkan asal usul gitar, ada yang mengatakan berasal dari Afrika, Asia Tengah, dan Yunani. Namun alat musik pertama yang dikatagorikan sebagai gitar adalah greek strings. Gitar yang diperkirakan berakar dari gitar Spanyol ini merupakan gitar modern yang banyak dipergunakan saat ini. Bukti ini diperkuat dengan lukisan-lukisan instrumen yang terdapat pada zaman Medieval dan Renaissance.


Sumber Kutipan:
https://guitarxchord.wordpress.com/guitar-2/definisi-gitar-sejarah-gitar/
http://senimyusik.blogspot.co.id/2012/08/pengertian-gitar.html
http://tekanmusik.blogspot.co.id/2013/07/mengenal-gitar-elektrik-apa-itu-gitar.html





Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments